Pengertian dan Jenis-Jenis Air Tanah

loading...


Pengertian air tanah


Air tanah adalah sekumpulan air yang terdapat di bawah permukaan tanah. Air tanah tenpa tekanan disebut air tanah freatik (misalnya sumur timba). Air tanah yang bertekanan atau keluar dengan sendirinya disebut air tanah artesis (misalnya sumur artesis).


Wilayah air tanah

  1. Wilayah air tanah masih dipengaruhi oleh budaya luar. Wilayah ini terdapat di bagian teratas permukaan bumi, yaitu di mana masih terdapat lapisan tanah yang mengandung air. Air pada wilayah inilah yang banyak dimanfaatkan oleh tumbuh-tumbuhan.
  2. Wilayah jenuh air. Wilayah ini dikenal pula dengan wilayah kedalaman sumur dan semua jenis tanah/ batuan.
  3. Wilayah kapiler air. Wilayah ini merupakan peralihan antara wilayah air tanah yang masih dipengaruhi oleh udara dan wilayah jenuh air. Air tanah di wilayah ini diperoleh dari proses kapilerisasi atau perambatan air ke atas dari wilayah jenuh air.
  4. Wilayah air tanah dalam. Di wilayah ini terdapat air di antara dua lapisan tanah/ batuan yang kedap air.


Jenis-jenis air tanah


Menurut letaknya, jenis-jenis air tanah antara lain :

Air tanah permukaan (freatik), yaitu air tanah yang terdapat di atas lapisan batuan yang kedap air (lapisan impermeable) dan paling dekat dengan permukaan bumi. Contoh : air sumur, air sungai, air danau, dan air rawa.

jenis-jenis air tanah
Air tanah dalam (artesis), yaitu air tanah yang terdapat di lapisan batuan tembus air dan berada di antara dua lapisan kedap air.



Menurut sumbernya, jenis-jenis air tanah antara lain :

Air tanah yang berasal dari atmosfer (meteoric water), yaitu air tanah yang berasal dari resapan air hujan dan es/ salju yang mencair.

Air tanah yang berasal dari dalam bumi, terdiri dari tiga macam, yaitu air turbir, air juvenilm dan air vados.

Air turbir (air fosil), yaitu air tanah yang tersimpan di dalam batuan sedimen (air tersebut terjebak di dalam batuan sedimen sejak awal). Air juvenil yaitu air yang berasal dari magma apabila gas-gasnya dibebaskan melalui mata air panas. Air vados, yaitu air tanah yang berasal dari atmosfer atau curah hujan.

Pengertian dan Jenis-Jenis Air Tanah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Chumank Rush